PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Yuni Hafidha, Erfantinni , Imro’atul Hayyu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/12419 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/12419/8708 |
Daftar Isi:
- This study aims to describe the implementation of online learning in the formation of the character of discipline and responsibility of elementary school students as well as the problems that arise. The method in this study is descriptive qualitative. This research was conducted at SD Negeri Kauman 2 Malang. The data collection techniques were; in-depth interviews, observations and documentation. Data analysis is carried out with steps consisting of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Based on this study, the result were (1) the planting of disciplinary character and responsibility is difficult to control by the school, due to distance restrictions; (2) there are a small percentage of parents who do not know their child's development because they are busy with work and cannot always guide their children when learning at home; (3) reviewed in terms of evaluation on character education, the absence of systematic evaluation using valid observations and instruments.
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengimplementasian dari pembelajaran daring dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar serta permasalahan yang timbul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kauman 2 Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu (1) survei kepada orang tua, (2) wawancara mendalam terhadap guru, orang tua, dan siswa (3) observasi dan (4) dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah yang terdiri dari pengumpulan datan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini, hasilnya, yaitu (1) penanaman karakter kedisiplinan dan tanggung jawab sulit terkontrol oleh sekolah, karena adanya batasan jarak; (2) ada sebagian kecil orang tua yang tidak mengetahui perkembangan anaknya dikarenakan sibuk dengan kerjaan dan tidak bisa selalu membimbing anaknya saat pembelajaran dirumah; (3) ditinjau dari segi evaluasi pada pendidikan karakter, belum adanya evaluasi secara sistematik dengan menggunakan pengamatan dan instrumen yang valid.Kata Kunci: karakter, disiplin, tanggung jawab, pembelajaran daring