Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa berdasarkan tingkat geometri Van Hiele dalam menyelesaikan soal matematika pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gunungguruh. Subjek penelitian sebanyak 4 orang siswa dengan penentuan subjek menggunakan teknik puprosive sampling yang terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada validasi data menggunakan trianggulasi teknik yakni membandingkan antara hasil tes tertulis siswa dengan wawancara . Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang materi segitiga dan segiempat dilihat dari rerata kemampuan tingkat berpikir Van Hiele diantaranya kemampuan tingkat 0(visualisasi) 54,55%. Kemampuan tingkat 1(analisis) 22.72%. Kemampuan tingkat 2 (abstraksi) 22,72%, namun pada kemampuan tingkat 3(deduksi) dan kemampuan tingkat 4(rigor) tidak ada siswa yang mampu mencapai tingkat tersebut.