EFEKTIVITAS MODEL RECIPROCAL TEACHING DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Main Author: Aeni, Nurul
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Mathematics Education Program Study Faculty of Education University of Pahlawan Tuanku Tambusai , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2893/1/1613
https://eprints.ummi.ac.id/2893/
https://j-cup.org/index.php/cendekia/index
Daftar Isi:
  • Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki, namun pada kenyataannya kemampuan ini masih tergolong rendah. Penggunaan model pembelajaran serta pendekatan pembelajaran dapat menjadi solusi efektif untuk melatih siswa dalam memecahkan suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis khususnya siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cibadak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif, jenis Quasi Experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Terdapat tiga kelas penelitian yang diberikan perlakuan dan ketiga kelas penelitian dipilih secara random. Analisis uji statatistik dari hasil kemampuan akhir (posttest) menggunakan uji Anava Satu Jalur Sel Tak Sama. Kemudian, berdasarkan hasil analisis uji lanjutan Anava (Scheffe) dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Reciprocal Teaching dengan pendekatan RME lebih baik dibandingkan yang memperoleh model Reciprocal Teaching; serta (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Reciprocal Teaching dengan pendekatan RME lebih baik dibandingkan yang model pembelajaran langsung.