PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROPICMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR
Main Authors: | Aprianty, Resy, Nurcahyono, Novi Andri, Agustiani, Nur |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Suryakancana
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.ummi.ac.id/2891/1/2365 https://eprints.ummi.ac.id/2891/ https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/index |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran PROPICMENT dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki minat belajar rendah, sedang, dan tinggi, serta mengetahui ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design dan rancangan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitiaan ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sukabumi berjumlah 361 siswa. Teknik pengembilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian ini berupa instrumen tes, angket minat belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PROPICMENT dan model pembelajaran langsung, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki minat belajar rendah, sedang, dan tinggi, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.