MODEL PEMBELAJARAN KOLB-KNISLEY BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA

Main Authors: Agistnie, Rheina, Lukman, Hamidah Suryani, Agustiani, Nur
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Suryakancana , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2890/1/2414
https://eprints.ummi.ac.id/2890/
https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/index
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk membandingkan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal setara PISA antara siswa yang mengunakan model pembelajaran Kolb-Knisley berbantuan Geogebra, model pembelajaran Kolb-Knisley, dan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Control Group Pretest and Posttest Design, dimana terdapat dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Sukabumi sebanyak 408 siswa dengan pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 122 siswa yang terbagi ke dalam tiga kelas yaitu kelas VIII B, kelas VIII D, dan kelas VIII F. Pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan penalaran matematis setara PISA. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran Kolb-Knisley berbantuan Geogebra lebih baik dari model pembelajaran Kolb-Knisley, model pembelajaran Kolb-Knisley berbantuan Geogebra lebih baik dari model pembelajaran langsung, dan model pembelajaran Kolb-Knisley lebih baik dari model pembelajaran langsung terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal setara PISA.