ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTS MENGGUNAKAN SOAL CERITA ISLAMI

Main Authors: Nurtoyyibah, Rida, Mulyanti, Yanti, Balkist, Pujia Siti
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Suryakancana , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2889/1/2438
https://eprints.ummi.ac.id/2889/
https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/index
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan soal cerita islami. Subjek penelitian yang digunakan yaitu 3 orang siswa kelas VII-B Mts Tarbiyatul Falah yang berada di Selabintana dan sudah mempelajari materi perbandingan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen utama adalah peneliti sendiri dan didukung instrumen tes satu butir soal uraian dan wawancara. Soal uraian tersebut akan mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan indikator pemecahan masalah menurut Polya dan didukung kesimpulan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi mampu memenuhi keempat tahapan polya dalam menyelesaikan soal cerita islami, yaitu: memahami masalah, menyusun rencana, menyelesaikan perencanaan, dan memeriksa kembali. (2) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang mampu memenuhi ketiga tahapan polya dalam menyelesaikan soal cerita islami, yaitu: memahami masalah, menyelesaikan perencanaan, dan memeriksa kembali. (3) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah mampu memenuhi kedua tahapan polya dalam menyelesaikan soal cerita islami, yaitu: memahami masalah dan menyelesaikan perencanaan.