ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Safarida, Rahma Sani, Sutisnawati, Astri, Uswatun, Din Azwar |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.ummi.ac.id/2858/1/3469 https://eprints.ummi.ac.id/2858/ https://jbasic.org/index.php/basicedu |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Seberapa sulit siswa belajar membaca pada mata pelajaran tematik kelas III SDN Sindangsari 2) Apa saja faktor yang menyebabkan siswa kesulitan membaca pada mata pelajaran tematik kelas 3 SDN Sindangsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, eksperimen dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas 3 SD Sindangsari berjalan dengan baik dan faktor-faktor penyebab terjadinya disleksia (disleksia) pada siswa antara lain faktor intrinsik dalam diri anak itu sendiri maupun faktor eksternal di luar diri anak. 2.) Upaya penanggulangan disleksia (disleksia) di kelas 3 SD Sindangsari yaitu dengan memberikan bimbingan belajar tambahan di luar jam sekolah dan menggunakan berbagai metode. 3.) Hambatan mengatasi disleksia (disleksia) di kelas 3 SD Sindangsari adalah pekerjaan orang tua, sehingga kurangnya waktu untuk mendampingi anak dalam belajar, menyebabkan siswa memiliki motivasi belajar yang sangat rendah, khususnya membaca. Ketidakmampuan sekolah untuk melacak siswa individu dan kelas terbatas.