UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK SUKURAGA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Mardiyanti, Lesi, Maula, Luthfi Hamdani, Amalia, Arsyi Rizqia, Heryadi, Dede, Ramdani, Iqbal |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.ummi.ac.id/2852/1/3227 https://eprints.ummi.ac.id/2852/ https://jbasic.org/index.php/basicedu |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penerapan pembelajaran menggunakan media big book sukuraga dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan media big book sukuraga di kelas III SDN Cibaregbeg. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan pada siswa kelas III SDN Cibaregbeg Kabupaten Sukabumi yaitu 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan dengan total 35 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media big book sukuraga dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa, yang dibuktikan dengan soal tes pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia sebelum menerapkan media big book sukuraga persentasenya masih rendah, yaitu 20%. Sementara itu, SDN Cibaregbeg mengalami peningkatan yang cukup signifikan di Kelas III setelah diterapkannya media big book sukugara. Pada siklus I persentase siswa 51%, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lagi sebesar 83% siswa yang tuntas sebanyak 29 dari 35 siswa Kelas III SDN Cibaregbeg. Dengan demikian, pada siklus II pemahaman membaca siswa dianggap berhasil ketika mencapai KKM 70.