MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA E-LKS WAYANG SUKURAGA PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Halimah, Halimah, Lyesmaya, Dyah, Amalia, Arsyi Rizqia, Komala, Ira, Mastoah, Mastoah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.ummi.ac.id/2840/1/pdf https://eprints.ummi.ac.id/2840/ https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP |
Daftar Isi:
- Artikel ini mencakup pembahasan tentang peningkakan keterampilan menulis deskripsi siswa melalui media E-LKS Wayang Sukuraga. Metode yang diterapkan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran di kelas. Populasi pada penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Mekarjaya tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 8 siswa diantaranya terdiri 4 siswa laki-laki dan perempuan. Data penelitian menggunakan observasi dan tes. Hasil data menyatakan bahwa penerapan media E-LKS wayang sukuraga mampu meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Dilihat dari hasil tes akhir menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai prasiklus, siklus I dan siklus II yang telah dibahas. Berdasarkan data awal penelitian, nilai rata-rata tes menulis deskripsi mencapai 63, masih lebih rendah dari nilai KKM yang ditentukan di sekolah. Selanjutnya setelah menerapkan ELKS wayang sukuraga pada siklus I skor menulis deskripsi yaitu 71 kemudian pada siklus II skor menulis deskripsi yaitu 80. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ELKS dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Mekarjaya.