ANALISIS NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Main Authors: Jayuni, Fitri, Uswatun, Din Azwar, Amalia, Arsyi Rizqia
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2838/1/2621
https://eprints.ummi.ac.id/2838/
https://jbasic.org/index.php/basicedu
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai bagaimana tanggung jawab siswa terhadap proses pembelajaran tematik serta mendeskripsikan apa saja faktor yang dapat mendukung dan menghambat pembentukan tanggung jawab siswa pada pembelajaran tematik. Metode dalam penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Sedangkan subyek dalam penelitian yaitu guru kelas III dan siswa kelas III. Instrumen penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model milles dan huberman, dalam data ini melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai karakter tanggung jawab sangat penting diterapkan dalam proses pembelajaran. Proses pembentukan karakter tanggung jawab siswa dilakukan dengan pemberian pemahaman mengenai nilai karakter tanggung jawab, membimbing atau mengarahkan siswa dan peran orang tua dirumah dalam mendidik anaknya untuk memiliki rasa tanggung jawab.