ANALISIS PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

Main Authors: Seftiani, Dinny Sela, Uswatun, Din Azwar, Amalia, Arsyi Rizqia
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2831/1/3223
https://eprints.ummi.ac.id/2831/
https://jbasic.org/index.php/basicedu
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk membandingkan motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran tatap muka terbatas yang menggunakan metode penelitian mix methods. Metode mix methods merupakan metode penelitian perpaduan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang sudah sering dilakukan oleh banyak penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Leuweung Datar dengan kelas 6 yang berjumlah 46 orang pada semester genap 2021/2022. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji Independent Sample T-Test dibantu dengan aplikasi SPSS dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah nilai (t[90] = -0,846; p ,< 0,400). PTMT (M=112,48; SD=10,38) memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibanding PJJ (M=110,72; SD=9,56). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tatap muka terbatas dapat lebih memotivasi siswa daripada pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, pembelajaran tatap muka terbatas dapat lebih memotivasi belajar siswa dibandingkan pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar.