PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA KIT IPA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Fauziah, Siti Restu, Sutisnawati, Astri, Nurmeta, Irna Khaleda, Hilma, Ai |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Department of Primary Teacher Education, Universitas Majalengka in collaboration with Himpunan Dosen PGSD Indonesia (HDPGSDI)
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.ummi.ac.id/2825/1/2283 https://eprints.ummi.ac.id/2825/ https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/index |
Daftar Isi:
- Kemampuan literasi sains harus ditunjang oleh rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran IPA di sekolah dasar. Mengkonstruksi rasa ingin tahu yang sempat terhambat oleh pandemi Covid yang dimulai sekitar tahun 2020 menjadi tantangan bagi seorang guru. Penelitian ini bertujuan mengetahuai pengaruh media KIT IPA terhadap kemampuan literasi sains dan karakter rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Subjek penelitian kelas III SD Negeri 3 Sagaranten dengan 16 siswa di kelas eksperimen dan 15 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesnioner untuk mengukur rasa ingin tahu siswa dan soal evaluasi untuk mengukur kemampuan literasi sains. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan soal tes kemampuan literasi sains. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengukur rasa ingin tahu siswa dan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian ini terkait kemampuan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains pada materi perubahan energi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, rasa ingin tahu siswa menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dengan kategori kemampuan sudah terbiasa, sedangkan di kelas control dengan kemampuan mulai berkembang. Dengan demikian, Media KIT IPA memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan rasa ingin tahu siswa.