ANALISIS HUBUNGAN KESEHATAN MENTAL TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK 5-6 TAHUN KABUPATEN SUKABUMI

Main Authors: Nurhasanah, Nurhasanah, Hurri, Ibnu, Elnawati, Elnawati
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Early Childhood Education - STKIP Muhammadiyah Kuningan , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2561/1/1407
https://eprints.ummi.ac.id/2561/
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud
Daftar Isi:
  • Kondisi kesehatan mental anak usia dini merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus diperhatikan dan dikembangkan karena kesehatan mental anak akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan yang ditunjukkan oleh anak salah satunya dalam hasil belajarnya. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitaif survey, melakukan analisis mengenai hubungan antara kesehatan mental anak terhadap hasil belajar anak usia 5-6 tahun dengan responden yaitu para pendidik di lembaga PAUD di Kabupaten Sukabumi, yang terdiri dari 43 pendidik PAUD yang berasal dari Kecamatan Parungkuda sebagai sampel penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa kesehatan mental memiliki hubungan yang kuat dan positif terhadap hasil belajar anak dengan nilai koefisien determinasi sebesar 44,22%. Artinya, hasil belajar anak 44,22% dipengaruhi oleh kesehatan mentalnya. Hal ini didukung oleh hasil nilai signifikansi hasil olah data lapangan yang menunjukkan bahwa kesehatan mental berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Sukabumi.