EFEKTIVITAS MEDIA BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN

Main Authors: Rohaeni, Heni, Munajat, Asep, Zultiar, Indra
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2553/1/1595
https://eprints.ummi.ac.id/2553/
https://jptam.org/index.php/jptam
Daftar Isi:
  • Media bahan alam merupakan media yang sering kai dimanfaatkan sebagai media pembelaajaran karena media tersebut merupakan media yang mudah ditemukan karena berasal dari lingkungan alam. Berpikir simbolik merupakan salah satu indikator dalam kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan pada anak usia 4-5 tahun dengan cara yang menyenangkan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantittif desain quasi eksperimen one group pretest-posttest dengan jumlah sampel 30 anak yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media bahan alam. Jika dilihat dari hasil total skor pretest-posttest, nilai posttest lebih besar dengan kata lain terdapat perubahan setelah perlakuan. Dengan teknik analisis data dengan uji t dua sampel berpasangan didapatkan hasil bahwa nilai t bernilai positif dan nilai signifikansi menunjukkan nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau 0,000<0,05 maka dinyatakan penggunaan media bahan alam berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Bakti.