PENGARUH MEDIA WAYANG SUKURAGA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Hilwa, Nawaliyatul, Nurasiah, Iis, Lyesmaya, Dyah
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2544/1/8428
https://eprints.ummi.ac.id/2544/
https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wayang sukuraga terhadap keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental designs dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Rambay tahun ajaran 2020/2021. Sampel ditentukan dengan sampling jenuh. Sampel penelitian ini yaitu kelas V B sebagai kelompok eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas V A sebagai kelompok kontrol berjumlah 20 siswa. Data hasil penelitian keterampilan menulis deskripsi dihasilkan dari instrumen berupa tes uraian yang berjumlah satu soal yang telah divalidasi. Data keterampilan menulis deskripsi dianalisis dengan menggunakan uji T dua sampel independen. Hasil uji tersebut menghasilkan nilai sig. 0,025 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 artinya H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Media wayang sukuraga berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa.