PENGARUH LAGU WAYANG SUKURAGA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Agustian, Intan, Lyesmaya, Dyah, Khaleda, Irna |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PGSD, Universitas Majalengka in collaboration with HIMPUNAN DOSEN PGSD INDONESIA
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.ummi.ac.id/2540/1/3208 https://eprints.ummi.ac.id/2540/ https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya keterampilan menulis karangan argumentasi siswa yang dipengaruhi oleh media yang digunakan pembelajaran kurang maksimal. Pendidik hanya menggunakan media buku pembelajaran tanpa ada penggunaan media yang dapat memotivasi dan menarik. Salah satu media yang dapat mempengaruhi meningkatnya keterampilan menulis karangan argumentasi adalah melalui media lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media lagu wayang sukuraga terhadap hasil belajar menulis karangan argumentasi di kelas tinggi sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan dua kelompok kelas, yaitu eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Baros Kencana CBM. Sampel penelitian dipilih berdasarkan sampel jenuh dengan jumah 40 siswa dari kedua kelas. Teknik pengumpulan data yaitu instrumen tes. Hasil perolehan nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut dilihat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-Test diperoleh nilai sig. = 0,003 karena nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulannya adalah lagu wayang sukuraga berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa di V SDN Baros Kencana CBM tahun 2020/2021.