ANALISIS PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT AL-UMMAH CIBADAK

Main Authors: Jaidi, Rifa Oktaviani, Amalia, Arsyi Rizqia, Uswatun, Din Azwar
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Enrekang under the management of the Center of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Enrekang, Indonesia , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2535/1/1702
https://eprints.ummi.ac.id/2535/
https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bahasa Inggris dan pembelajaran bahasa Inggris di kelas satu pada masa pandemi Covid-19 di SDIT Al-ummah Cibadak. Fokus penelitian mengenai peran guru pada pembelajaran bahasa Inggris yaitu guru berperan sebagai pengontrol, pendorong, fasilitator, model dan asesor. Metode penelitan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Intrumen yang digunakan yaitu wawancara dan observasi kegiatan pembelajaran. peneliti menggunakan teknik analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru bahasa Inggris di kelas satu SDIT Al-Ummah telah melaksanakan lima peran guru pada pembelajaran, yaitu guru sebagai pengontrol, pendorong, model, fasilitator dan asesor. Kendala yang dihadapi guru pada saat pembelajaran daring yaitu kurang stabilnya sinyal sehingga menghambat pembelajaran, selain itu kurangnya perhatian orangtua ketika pembelajaran berlangsung sehingga pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru bahasa Inggris di sekolah lain untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang lebih baik.