ANALISIS PERSEPSI BELAJAR SISWA DALAM DARING LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS TINGGI

Main Authors: Nanda, Silvia Oktavia, Maula, Luthfi Hamdani, Sutisnawati, Astri
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Subang , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2530/1/178
https://eprints.ummi.ac.id/2530/
https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/index
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis persepsi belajar siswa dalam daring learning pada pembelajaran IPA di kelas tinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Dasar Negeri Tegallega. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek pada penelitian ini yaitu 22 siswa kelas tinggi SDN Tegallega. Pada penelitian ini, analisis data yang digunakan yaitu data reduction, penyajian data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi negatif terhadap pembelajaran daring materi pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan mayoritas siswa kurang memahami materi pembelajaran daring yang disampaikan, cara penyampaian materi IPA yang dianggap kurang menarik serta pendapat siswa mengenai pembelajaran daring yang dianggap kurang efektif.