ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI

Main Authors: Yuliana, Syaima Hany, Sutisnawati, Astri, Lyesmaya, Dyah
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PGSD, Universitas Majalengka in collaboration with HIMPUNAN DOSEN PGSD INDONESIA , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2527/1/3277
https://eprints.ummi.ac.id/2527/
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee
Daftar Isi:
  • Rendahnya nilai tes evaluasi ini dapat disebabkan karena kurangnya penjelasan yang konkrit yang disampaikan oleh guru. Disamping itu rencana pembelajaran, alat peraga, metode dan alat evaluasi yang dipersiapkan guru harus lebih baik dari sebelumnya, dalam upaya untuk lebih meningkatkan keberhasilan pembelajaranya siswa di pengaruhi beberapa faktor dari dalam maupun dari luar diri siswa contohnya dari dalam diri siswa mencakup kecerdasan, strategi pembelajaran, motivasi dan sebagainya. Jenlis penelitaian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus, karena maka hasil dari penelitian ini bersifat analisis Deskriptif yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku yang di amati terutama terkait dengan bagaimana metode demonstrasi dapat menambah kemampuan matematis subjek dalam penelitian kali ini adalah kelas II SDN Tegalpari dengan teknik yang digunakan peneliti adalah dengan analisis data menggunakan tenik, wawancara, observasi dan juga dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitain kualitatif yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan juga observasi kepada guru kelas dan juga siswa kelas II SDN Tegalpari tentang analisis pemahaman matematis siswa melalui metode demonstrasi ini dapat disimpulkan pebelajaran menggunakan metode demonstrasi ini belum bisa dikatakan efektif karna hasil nya masih sangat minim unuk siswa paham bentul terhadap materi matematika.