PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2020)
Main Authors: | K. Suryana, Rintan Maulida, Darsawati, Eris, Nugroho, Gatot Wahyu |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNITRI PRESS
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.ummi.ac.id/2515/1/2715 https://eprints.ummi.ac.id/2515/ https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/Optima |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan mengambil data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia yaitu ww.idx.co.id. Hasil uji t untuk variabel Biaya Promosi menunjukkan bahwa thitung 5,091 > ttabel 1,987 dengan nilai signifikansi 0,000 < α 0,05, yang berarti Biaya Promosi berpengaruh positif dan signifikan secara pasrial terhadap Volume Penjualan. Kemudian untuk uji t variable Biaya Distribusi pun menunjukkan hasil yang serupa dengan thitung 5,659 > ttabel 1,987 dengan nilai signifikansi 0,000 < α 0,05, maka Biaya Distribusi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Volume Penjualan. Sedangkan hasi uji F menunjukkan nilai Fhitung 98,419 > Ftabel 3,100, serta nilai signifikansi 0,000 000 < α 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Biaya Promosi dan Biaya Distribusi berpengaruh positif dan signifikan secara stimultan terhadap Volume Penjualan. Hasil uji R2 nilai R Square sebesar 0,693 atau 69,3%. Maka masih terdapat sekitar 30,7% faktor lain yang mempengaruhi volume penjualan dan dapat diteliti untuk penelitian selanjutnya.