IbM Master Mendampingi Guru di Wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal Propinsi Kalimatan Utara (2MG3T-KALTARA)

Main Authors: Darmayasa, Jero Budi, Winarno, Winarno, Kusmaryani, Woro
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM-UMMI , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.ummi.ac.id/24/1/Cover.pdf
http://eprints.ummi.ac.id/24/2/IbM%20%20Master%20Mendampingi%20Guru%20di%20Wilayah%20Terdepan%2C%20Terluar%2C%20dan%20Tertinggal%20Propinsi%20Kalimatan%20Utara%20%282MG3T-KALTARA%29.pdf
http://eprints.ummi.ac.id/24/
Daftar Isi:
  • IbM Master Mendampingi Guru di Wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal Kalimantan Utara (2MG3T-Kaltara ini bertujuan untuk: 1) Melatih guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran berbasis kontekstual; 2) Membantu keterbatasan siswa dalam hal sarana pembelajaran yaitu dengan membagikan alat tulis, alat olahraga (bola Voli, Bola Kaki, Raket, Bola Bulutangkis); 3) Memperkaya wawasan guru tentang kebijakan pendidikan saat ini; dan 4) Menciptakan keakraban dan kesadaran guru dan menambah wawasan siswa kelas XII terhadap peluang melanjutkan di Perguruan Tinggi; dan 5) Memotivasi orang tua siswa untuk memberikan kesempatan dan dukungan bagi putra-putrinya untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Mitra IbM ini adalah UPTD dan sekolah yang berada di Wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal yaitu UPT Disdik Krayan. Pelaksanaan pengabdian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas layanan pendidikan di wilayah 3T, dikuasainya metode pembelajaran berbasis Lesson Study oleh guru, dan dihasilkan luaran berupa teknologi tepat guna berupa rubrik penskoran. Teknologi yang menjadi luaran dapat melatih karakter siswa yaitu rasa bangga terhadap karya sendiri. Hal ini dibutuhkan mengingat Krayan merupakan daerah yang lebih mudah akses ke Malaysia daripada ke Ibukota Kaltara. Disamping itu, pembagian alat olahraga diharapkan dapat memotivasi siswa dan pemuda untuk melatih fisik dan jiwa sportif.