PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL BERBENTUK PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Main Authors: Handayani, Sapti, Imswatama, Aritsya, Agustiani, Nur
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Pendidikan Matematika Universitas Almuslim , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/2240/1/476
https://eprints.ummi.ac.id/2240/
http://journal.umuslim.ac.id/index.php/asm
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan monopoli pada materi aritmatika sosial terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP kelas VII. Hasil wawancara dengan guru matematika menyatakan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa kurang. Selain itu, kurang adanya minat dan motivasi terhadap pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media pembelajaran visual yang berbentuk permainan monopoli. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau r&d. Desain pengembangan yang digunakan adalah model addie (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Data validitas media pembelajaran dikumpulkan melalui angket menggunakan lembar validasi. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator ahli materi dan media. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis visual yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor keseluruhan 4,22. Tetapi media pembelajaran berbasis visual yang dikembangkan harus melalui proses perbaikan untuk menyempurnakan media pembelajaran yang dikembangkan.