ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING KELAS 2 SDN 2 CIBADAK

Main Authors: Elsani, Haikal, Maula, Luthfi Hamdani, Uswatun, Din Azwar
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Basic Education Studies Program, University of Wiraraja , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.ummi.ac.id/1807/1/77
https://eprints.ummi.ac.id/1807/
https://alpen.web.id/index.php/alpen/index
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep perkalian siswa pada pembelajaran matematika berbasis daring. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi hasil nilai pengetahuan siswa untuk meilhat kemampuan pengetahuan siswa mengenai pemahaman konsep perkalian matematika. Subjek penelitian menggunakan Quota Sampling untuk pemilihan subjek dalam penulisan ini, karena subjek yang diteliti yaitu kelompok yang telah ditetapkan sesuai dengan kuota kelas yaitu kelas 2A sekolah dasar dan tidak meneliti banyak subjek untuk diteliti karena keterbatasan waktu penulisan. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa terhadap matematika dengan menggunakan daring kurang efektif dan sulit dipahami oleh siswa kelas IIA karena pembelajaran matematika harus secara langsung dan nyata. Pembelajaran daring ini memerlukan bahan yang cukup banyak seperti jaringan internet harus kuat, memiliki kuota yang cukup, dan handphone android. Siswa yang memahami pemahaman konsep matematika melalui daring hanya 10 siswa yang menguasai pemahaman konsep perkalian dan sisanya masih kurang memahami.