PENERAPAN PEMBELAJARAN EKSPLORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | Rohmat, Imammuddin |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ummi.ac.id/158/1/Cover.pdf http://eprints.ummi.ac.id/158/2/Daftar%20Isi.pdf http://eprints.ummi.ac.id/158/3/8.%20PENERAPAN%20PEMBELAJARAN%20EKSPLORATIF%20UNTUK%20MENINGKATKAN.pdf http://eprints.ummi.ac.id/158/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran eksploratif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri Kabupaten Bandung. Adapun sampelnya, yaitu sebanyak 34 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa pada kelas kontrol yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis dan skala sikap. Analisis kuantitatif menggunakan independent sample t-test dan MannWhitney test, sedangkan analisis data kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran eksploratif lebih baik dari pada kelas kontrol. Analisis data skala sikap menunjukkan bahwa secara umum siswa memiliki respon positif baik itu terhadap pelajaran matematika, pembelajaran eksploratif maupun terhadap soal-soal kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis.