PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DAN ISU-ISU GLOBAL
Main Author: | Wahyudin, Wahyudin |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ummi.ac.id/152/1/Cover.pdf http://eprints.ummi.ac.id/152/2/Daftar%20Isi.pdf http://eprints.ummi.ac.id/152/3/2.%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20BERBASIS%20KEARIFAN%20LOKAL.pdf http://eprints.ummi.ac.id/152/ |
Daftar Isi:
- Secara umum, lapangan pendidikan karakter penuh kontroversi saat perdebatan mempertanyakan apakah fokus darinya pada perbuatan-perbuatan yang dijunjung tinggi (kebajikan), nilai, perilaku, atau kapasitas penalaran. Selain itu, kontroversi juga berpusat di sekitar beragam pendekatan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter: belajar dengan pengalaman, perdebatan rekan sebaya, pengajaran indoktrinatif, pelayanan masyarakat, pengelolaan yang melibatkan partisipan, membaca tentang karakter, dan sebagainya. Banyak dari perdebatan yang ada selama ini berakar pada berbagai perbedaan teoretis dan filosofis. Namun demikian, barangkali jelas bahwa inti dari pendidikan karakter bukanlah perbedaan filosofis, ideologi pedagogis, politik, atau berbagai ketidakselarasan lainnya. Lebih tepatnya, pendidikan karakter adalah tentang perkembangan anak.