PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MAIWA

Main Authors: Tharikh, Andi Jusman, Syam, Asrullah
Format: Article PeerReviewed Image Book
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UMMI , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.ummi.ac.id/131/2/Cover.jpg
http://eprints.ummi.ac.id/131/1/11.Peningkatan%20Aktivitas%20Dan%20Hasil%20Belajar%20%20Kognitif%20Biologi%20%20Dengan%20Penerapan%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Jigsaw%20Pada%20Siswa%20Kelas%20Xi%20Ipa%20Sma%20Negeri%201%20Maiwa.doc
http://eprints.ummi.ac.id/131/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Maiwa yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa pada kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Maiwa, (2) mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitif biologi pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Maiwadan (3) mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Maiwa.Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 selama 3 (tiga) minggu dari tanggal 15 s/d 28 November 2016 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa pada kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Maiwa tahun pelajaran 2016/2017. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitip biologi pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Maiwa. (3) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan persepsi siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Maiwa terhadap pembelajaran biologi.