ANALISIS LEARNING AND INOVATION SKILLS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SEBAGAI IMPLEMENTASI 21st CENTURY SKILLS

Main Authors: Uswatun, Din Azwar, Widiyanto, Rohmat
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.ummi.ac.id/1190/1/%5BC.4%5D%20Penulis%20Pertama%20Laporan%20PDP%202018.pdf
http://eprints.ummi.ac.id/1190/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah dasar dengan scientific approach di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Sukabumi; (2) mendeskripsikan pemetaan learning and inovation skills peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran di SD dengan scientific approach sebagai implementasi 21st Century Skills; (3) menguraiakan kesulitan yang dialami guru dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan scientific approach pada Kurikulum 2013. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah guru dan peserta didik sekolah dasar yang menjadi sasaran implementasi Kurikulum 2013 yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Sukabumi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 (Januari 2018 s/d Juli 2018). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa learning and inovation skills peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah dasar dengan scientific approach tercapai 76,60% dengan kategori Baik. Dengan demikian 21st century skills peserta didik harus lebih dikembangkan lagi dalam setiap tahapan scientific approach selama proses pembelajaran.