PEMETAAN DIMENSI PENGETAHUAN DAN DIMENSI PROSES KOGNITIF SOAL-SOAL IPA PADA BUKU PEGANGAN SISWA SEKOLAH DASAR KURIKULUM 2013

Main Authors: Uswatun, Din Azwar, Sutisnawati, Astri
Format: Research NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.ummi.ac.id/1189/1/%5BC.3%5D%20Penulis%20Pertama%20Laporan%20PDP%202017.pdf
http://eprints.ummi.ac.id/1189/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberikan gambaran level dimensi proses kognitif soal-soal IPA pada buku pegangan siswa Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptik analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 89 soal IPA kelas I, 50 soal IPA kelas II, 166 soal Kelas IV, dan 196 soal Kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan instrumen berupa lembar angket analisis dokumen. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal IPA pada buku pegangan siswa sekolah dasar didominasi oleh soal level rendah (low level) dengan penekanan pada penguasaan konsep. Soal-soal IPA lebih mengembangkan keterampilan berpikir tingkat rendah (Lower Order Thinking Skills) yaitu rata-rata persentase kemunculan soal C1 (remember) sebesar 42,90%; soal C2 (understand) sebesar 44,51%, dan soal C3 (applying) sebesar 6,47%. Rata-rata persentase kemunculan soal yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) rendah, yaitu soal C4 (analyzing) sebesar 5,11%; soal C5 (evaluating) sebesar 0,13%, dan soal C6 (create) sebesar 0,88%. Sedangkan Rata-rata persentase kemunculan dimensi pengetahuannya yaitu pengetahuan faktual sebesar 63,69%, pengetahuan konseptual sebesar 28,67%, pengetahuan prosedural sebesar 7,51%, dan pengetahuan metakognitif sebesar 0,13%. Dengan demikian, dimensi applying, analyzing, evaluating, dan create serta dimensi pengetahuan prosedural dan metakognitif soal-soal IPA pada buku pegangan siswa perlu ditingkatkan frekuensinya.