Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan Sikap terhadap Pencegahannya pada Siswa Kelas X dan XI di SMA Taman Madya Jetis Yogyakarta

Main Author: Rahmati, Fafi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/977/1/Naskah%20Publikasi.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/977/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • INTISARI Latar Belakang: Pengetahuan yang dimiliki oleh siswa tentang HIV/AIDS khususnya dalam hal pencegahan masih sangat rendah. Pengetahuan tentang HIV/AIDS sangat mempengaruhi sikap untuk melakukan tindakan dalam pencegahan HIV/AIDS. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan sikap terhadap pencegahannya. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan waktu cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan siswa kelas X dan XI dengan sikap terhadap pencegahan HIV/AIDS. Subyek penelitian sejumlah 50 responden. Teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan Kendall’s tau. Hasil penelitian: Hasil penelitian didapatkan pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan pengetahuan tinggi yaitu 48%. Sedangkan sikap terhadap pencegahan HIV/AIDS sebagian besar cukup yaitu 66%. Ada hubungan pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan sikap terhadap pencegahannya pada siswa kelas X dan XI di SMA Taman Madya Jetis Yogyakarta, yang ditunjukan dari nilai kendall’s tau sebesar 0,261 dengan tingkat signifikansi (z) sebesar 2,674, p=0,046. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan sikap terhadap pencegahannya pada siswa kelas X dan XI di SMA Taman Madya Jetis Yogyakarta tahun 2014, Z hitung > Z tabel (2,674>1,96) dan nilai p<0,05 (0,046<0,05). Saran: Berdasarkan hal tersebut di sarankan kepada siswa untuk lebih aktif dalam mendapatkan informasi tentang HIV/AIDS. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, HIV/AIDS Kepustakaan : 21 buku (2004-2013) 10 internet (2004-2014) 5 Jurnal (2009-2012) Jumlah Halaman : xiv, 82 halaman