Hubungan Prestasi Belajar dengan Harga Diri pada Mahasiswa Semester III PSIK STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta

Main Author: Surani, Surani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/903/1/NASKAH%20PUBLIKASI_SURANI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/903/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar belakang: Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai seseorang dalam usaha belajarnya. Mahasiswa keperawatan yang memiliki prestasi belajar yang baik dapat meningkatkan harga dirinya. Tujuan: untuk mengetahui hubungan prestasi belajar dengan harga diri pada mahasiswa semester III PSIK STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Metodologi: penelitian ini merupakan non eksperimen dengan menggunakan metode korelasional. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 Februari 2012. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 responden dengan menggunakan purposive sampling sehingga jumlah sampelnya 75 responden. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil: hasil penelitian ini didapatkan nilai koefesien product moment sebesar 0,510 dengan probabilitas 0,000. Saran: Pengelola STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta diharapkan dapat membantu atau memfasilitasi prestasi belajar mahasiswa, karena hal ini dapat membantu meningkatkan harga diri pada mahasiswa.