Hubungan Minat dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan 2A pada Mahasiswa D III Kebidanan Semester II di STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: Laitama, Agustina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/869/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/869/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • INTISARI Latar Belakang: Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu kondisi fisiologis, kondisi psikologis, faktor lingkungan dan faktor instrumental. Berdasarkan hasil studi pendahuluan didapatkan nilai mata kuliah asuhan kebidanan 2A pada mahasiswa D III kebidanan pada semester II yang mendapatkan nilai A tidak ada yang mendapatkan nilai B hanya 66 mahasiswa, nilai C sebanyak 77 mahasiswa nilai D sebanyak 1 mahasiswa dan untuk nilai E sebanyak 6 mahasiswa. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubunan minat dengan prestasi belajar mata kuliah asuhan kebidanan 2A pada mahasiswa D III Kebidanan semester II di STIKES „Aisyiyah Yogyakarta Tahun ajaran 2013/2014. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik denga pendekatan waktu retrospektif. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Sampling responden dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa D III Kebidanan semester II Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan „Aisyiyah Yogyakarta sebanyak 150 orang dengan sampel 109 responden. Hasil: Dari penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden yang memiliki minat yang tinggi dengan mata kuliah asuhan kebidanan 2A sejumlah 53 (48,6%) dengan sejumlah mahasiswa yang sebagian besar mendapatkan nilai B sebanyak 57 (52,3%). Simpulan: Ada hubungan minat dengan prestasi belajar mata kuliah asuhan kebidanan 2A (p value = 0,000 < 0,05). Saran: Bagi mahasiswa untuk meningkatkan minatnya agar dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata kunci : Minat, prestasi belajar Kepustakaan : 1 Ayat AL Quran, 33 Buku (2002-2013), 5 jurnal Jumlah halaman : xiii, 57 halaman , 7 tabel, 2 gambar