Pengaruh Pelatihan Pengenalan Diri terhadap Peningkatan Harga Diri Remaja Kelas VII SMP Negri 2 Yogyakarta Tahun 2012

Main Author: Haqi, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/784/1/gabungan%20naspub.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/784/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Harga diri positif sangat berperan dalam tahap perkembangan remaja. Termasuk dalam pembentukan pribadi yang kuat, sehat dan memiliki kemampuan untuk menentukan pilihan, tidak mudah terpengaruh dengan berbagai godaan yang ditawarkan oleh teman sebaya dan lingkungan sekitar. Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh pelatihan pengenalan diri terhadap peningkatan harga diri remaja kelas VII di SMP Negeri 2 Yogyakarta 2012. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian menggunakan rancangan Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment) dengan Non-Equivalent Control Group. Sampel dalam penelitian adalah remaja kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 27 responden. Analisa data untuk menguji hipotesis menggunakan Paired t-test dan untuk membandingkan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan uji Independent t-test. Hasil: Hasil uji Paired t-test pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pelatihan pengenalan diri terhadap peningkatan harga diri remaja. Dan dari hasil uji Independent t-test diperoleh nilai p 0,003 (p<0,005), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan: Ada pengaruh pelatihan pengenalan diri terhadap peningkatan harga diri remaja kelas VII di SMP Negeri 2 Yogyakarta 2012. Saran: Bagi responden disarankan untuk menerapkan pelatihan pengenalan diri bersama teman dan keluarga. Bagi guru BK disarankan untuk membantu remaja dalam meningkatkan harga diri dengan melakukan pelatihan pengenalan diri kepada remaja.