Hubungan Pengalaman Dirawat dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Bangsal Penyakit Dalam RSUD Panembahan Senopati Bantul
Main Author: | Cahyani, Iin Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/76/1/NASKAH%20PUBLIKASI%20Iin.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/76/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Loyalitas pasien rawat inap di bangsal penyakit dalam khususnya bangsal Bakung dan Flamboyan terlihat masih banyak pasien yang tidak mereferensikan kepada orang lain, tidak membeli ulang secara teratur dan mudah terpengaruh untuk berpindah ke rumah sakit lain yang lebih baik. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pengalaman dirawat dengan loyalitas pasien rawat inap di bangsal penyakit dalam RSUD Panembahan Senopati Bantul. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan waktu cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik quota sampling dengan jumlah 44 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Kendall Tau. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar pengalaman dirawat dalam kategori cukup sebanyak 24 orang (54,5%) dan sebagian besar loyalitas pasien rawat inap dalam kategori sedang 26 orang (59,1%). Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara pengalaman dirawat dengan loyalitas pasien rawat inap di bangsal penyakit dalam RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan nilai significancy p < 0,05 sebesar 0,024. Pengalaman dirawat yang cukupakan menunjukan loyalitas pasien rawat inap yang sedang. Saran: Bagi kepala ruangan untuk lebih meningkatkan pengalaman dirawat pasien dengan mengevaluasi kinerja petugas medis dalam memberikan pelayanan kepada pasien untuk menjaga mutu pelayanan rumah sakit. Bagi perawat lebih meningkatkan asuhan pelayanan holistik dengan cara memperkenalkan diri kepada pasien sebelum memulai tindakan asuhan keperawatan.