Hubungan Praktikum Berbasis Kasus (Case Based Learning) dengan Ketepatan Pengisian Partograf oleh Mahasiswa Semester III DIII kebidanan Stikes 'Aisyiyah Yogyakarta

Main Author: Meynarni, Rini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/736/1/RINI%20MEYNARNI_201410104184_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/736/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Bidan merupakan suatu profesi kesehatan yang bekerja untuk pelayanan masyarakat dan berfokus pada kesehatan reproduksi perempuan, keluarga berencana, kesehatan bayi dan anak balita serta pelayanan kesehatan masyarakat yang memiliki posisi penting dan strategis. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan praktikum berbasis kasus case based learning dengan ketepatan pengisian partograf oleh mahasiswa semester III D-III kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta tahun 2015. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analitik korelasi dan pendekatan waktu cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan Proportionate Random Sampling, pada mahasiswa semester III D-III kebidanan sebanyak 45mahasiswa. Analisis data yang digunakana dalah Chi-Square. Hasil: Hasil analisa uji Chi-Square diperoleh ? value= 0,002, maka ada hubungan antara praktikum berbasis kasus case based learning dengan ketepatan pengisian partograf. Simpulan: Ada hubungan antara praktikum berbasis kasus case based learning dengan ketepatan pengisian partograf oleh mahasiswa semester III D-III Kebidanan Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2015. Saran: Mahasiswa hendaknya secara aktif meningkatkan kegiatan praktikum dan praktik pengisian partograf melalui praktik klini dan praktik mandiri. Kata kunci Kepustakaan : Praktikum, Kasus, Ketepatan Pengisian Partograf : 4 jurnal (2005-2013), 1 tesis (2013), 2 skripsi (2010-2012), 19 buku (2007-2013), 3 internet (2007-2014), Al-Qur’an Jumlah Halaman : 65 Halaman, 17 Tabel, 2 Gambar