Studi Komparasi Harga Diri pada Anak Usia Sekolah Berdasarkan Tempat Tinggal di RW II Notoprajan Ngampilan Yogyakarta

Main Author: Sari, Agtia Riana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/706/1/AGTIA%20RIANA%20SARI_080201006_NASPUB.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/706/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar belakang: Masa anak usia sekolah merupakan masa anak pada rentang usia 612 tahun yang mengalami tumbuh kembang baik kemampuan kognitif, psikososial dan motorik. Pertumbuhan dan perkembangan berbagai kemampuan tersebut akan mendukung pembentukan harga diri anak. Tempat tinggal dapat mempengaruhi perkembangan harga diri anak. Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya perbedaan harga diri pada anak usia sekolah berdasarkan tempat tinggal di RW II Notoprajan Ngampilan Yogyakarta. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperiment dengan rancangan studi perbandingan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling terdiri 15 anak usia sekolah yang tinggal di rumah dan 15 anak usia sekolah yang tinggal di panti asuhan. Analisis data menggunakan Independent t-test. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan harga diri pada anak usia sekolah berdasarkan tempat tinggal dengan menggunakan Independent ttest.didapatkan nilai p=0.256 > 0,05. Kesimpulan: Tidak ada perbedaan harga diri pada anak usia sekolah berdasarkan tempat tinggal di RW II Notoprajan Ngampilan Yogyakarta. Saran: Bagi orang tua responden di rumah disarankan untuk mempertahankan kehangatan hubungan dengan anaknya supaya mendukung perkembangan harga diri anak. Bagi pengasuh di panti asuhan supaya mempertahankan kasih sayang, memberikan perhatian, dukungan moral, spiritual dan motivasi pada anak asuh, serta memberikan bimbingan yang lebih bagi anak asuh yang baru masuk mendiami panti sehingga anak dapat beradaptasi baik di panti asuhan.