Hubungan Frekuensi Bermain Game Online dengan Pemenuhan Kebutuhan Tidur pada Anak Usia Remaja di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta
Main Author: | Sindhi, Dhita Novellia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/688/1/NASKAH%20PUBLIKASI_DHITA%20NOVELLIA%20SINDHI.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/688/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- Latar belakang: Tidur merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga mempunyai peran secara fisiologis dan psikologis. Kurangnya pemenuhan kebutuhan tidur remaja disebabkan oleh ketidakmampuan remaja dalam membagi waktu antara sekolah, bersosialisasi, dan bermain. Dalam hal ini remaja akan tidur larut malam dan bangun lebih awal karena tuntutan sekolah, ini berakibat sulit berkonsentrasi serta daya tahan tubuh menurun. Tujuan: Diketahuinya hubungan antara frekuensi bermain game online dengan pemenuhan kebutuhan tidur pada anak usia remaja di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta Metode penelitian: Penelitian non eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif analitik yang dilakukan dengan metode pendekatan cross sectional. Instrument menggunakan kuisioner. Sampel penelitian adalah 49 siswa kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Analisa data di uji menggunakan Pearson Product Moment. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan nilai p value untuk variabel frekuensi game online 0,000 (p<0,05), variabel pemenuhan kebutuhan tidur 0,000 (p<0,05), dan nilai r=-0,607 sehingga terdapat hubungan antara frekuensi bermain game online dengan pemenuhan kebutuhan tidur pada anak usia remaja di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Simpulan: terdapat hubungan yang bermakna secara statistic antara hubungan frekuensi bermain game online dengan pemenuhan kebutuhan tidur pada anak usia remaja di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Saran:diharapkan siswa dapat mengurangi aktifitas bermain game online,sehingga pemenuhan kebutuhan tidurnya untuk kualitas kesehatan yang optimal.