Hubungan Minat Menjadi Ners dengan Kebiasaan Belajar dan Prestasi Mahasiswa Keperawatan STIKES Aisyiyah Yogyakarta
Main Author: | Al-Ma'ruf, Zulkifli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/681/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/681/ http://lib.say.ac.id |
Daftar Isi:
- INTISARI Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu kondisi fisiologis, kondisi psikologis, faktor lingkungan, dan faktor instrumental. Hasil studi pendahuluan diperoleh data 22,5% mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan semester 2 mendapatkan IP dibawah 2,75. Dari hasil wawancara diketahui bahwa tujuh dari sepuluh orang mahasiswa mengatakan ingin menjadi perawat. Tiga orang lainnya tidak ingin menjadi perawat karena masuk jurusan Ilmu Keperawatan atas dasar keinginan orang tua bukan dari keinginan sendiri.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat menjadi ners dengan kebiasaan belajar dan prestasi mahasiswa keperawatan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi, dengan desain cross sectional. Populasi yaitu semua mahasiswa Keperawatan semester IV STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta yang berjumlah 140 orang dengan sampel 103 responden yang diambil secara proportional cluster random. Analisis data menggunakan rumus Kendall Tau. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara minat menjadi ners dengan kebiasaan belajar dan prestasi mahasiswa Keperawatan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta dengan nilai signifikan p < 0,05 yaitu 0,029/0,004 dan koefisien korelasi sebesar 0,217/0,272 sehingga dinyatakan keeratan hubungan yang rendah. Disarankan bagi STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta agar menjadikan minat sebagai salah satu kriteria dalam penerimaan mahasiswa baru dan meningkatkan minat mahasiswa pada proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas lulusan yang dihasilkan. Dan bagi mahasiswa agar lebih memantapkan niat dan minatnya untuk menjadi seorang perawat. Sehingga mahasiswa akan termotivasi dan bersungguh-sungguh dalam belajarnya dan mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi setelah lulus dari dunia pendidikan. Kata Kunci Referensi Halaman : Minat menjadi ners, kebiasaan belajar, prestasi : 22 buku (1980-2011), 9 penelitian, 6 jurnal : xiii, 79 halaman, 5 tabel, 2 gambar, 19 lampiran