Hubungan Kualitas Penerapan Nilai-Nilai Profesional dalam Model Praktik Keperawatan (MPKP) dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III RS PKU Muhammadiyah Bantul

Main Author: Sumarjianto, Sumarjianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/659/1/Naskah%20Publikasi.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/659/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Salah satu yang menentukan kepuasan pasien adalah kualitas penerapan nilai-nilai profesionalisme perawat, bahkan menjadi salah satu faktor penentu citra institusi kesehatan (rumah sakit) dimata masyarakat. Hasil studi pendahuluan diperoleh dari 25 pasien, 7 diantaranya menyatakan kurang puas terutama yang berhubungan dengan sikap perawat selama memberikan perawatan seperti perawat yang kurang tanggap terhadap keluhan pasien dan perawat tidak ada ditempat ketika pasien membutuhkan. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan kualitas penerapan nilai-nilai profesional dalam model praktik keperawatan profesional dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Metode Penalitian: Penelitian ini merupakan penelitian surve analitikdengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang ada di ruang rawat inap kelas III bangsal Al-A?raf, bangsal Al-Insan dan bangsal Al-Kahfi rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul yaitu 30 pasien. Metode pengambilan sampel dengan teknik total populasi dan analisa data menggunakan Spearman Rho. Hasil : Menunjukkan bahwa sebagianbesar responden menilai kualitas penerapan nilainilai profesional perawat dalam klasifikasi baik 20 pasien (66,7%) dan tingkat kepuasan pasien berada dalam klasifikasi tinggi 17 pasien (56,7%). Hasil analisis statistic Spearman Rho sebesar 0,666 dengan tingkat segnifikasi 0,000. Kesimpulan : Ada hubungan antara kualitas penerapan nilai-nilai profesional dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Saran : Diharapkan Kepada Bidang Keperawatan agar mempertahankan kualitas pelayanan yang telah diterapkan, khususnya kualitas penerapan nilai-nilai profesional dan selalu berupaya untuk meningkatan serta melakukan evaluasi.