Hubungan Penerapan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Sekolah yang di Rawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Tahun 2013

Main Author: Arfiani, Henda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/607/1/NASKAH%20PUBLIKASI%20HENDA%20ARFIANI%20%28090201014%29.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/607/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Hospitalisasi atau rawat inap biasanya dapat memberikan dampak pengalaman yang menakutkan bagi anak dan menimbulkan kecemasan pada anak. Kecemasan merupakan respon emosional terhadap penilaian individu yang subyektif, yang dipengaruhi alam bawah sadar dan tidak diketahui secara khusus penyebabnya. Kecemasan dapat berdampak pada perubahan perilaku dan mengganggu proses penyembuhan. Aspek penting dari perawatan yang berhubungan dengan meminimalkan cemas adalah pembentukan hubungan yang menunjukkan rasa hormat dan empati, termasuk mendengarkan dan memfasilitasi ekspresi ketakutan dan kecemasan. Penelitian ini merupakan penelitian non exsperimental yang menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan waktu cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 Juni–30 Juni 2013. Sampel yang digunakan sebanyak 32 responden diambil dengan menggunakan accidental sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan Kendall Tau (τ). Hasil penelitian ini didapatkan nilai p value 0,002 (p < 0,05) artinya ada hubungan penerapan perilaku caring perawat dengan tingkat kecemasan pada anak usia sekolah yang dirawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Tahun 2013. Kata Kunci: Penerapan Perilaku Caring Perawat, Tingkat Kecemasan, Anak Usia Sekolah