Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Bercerita Kontemporer Terhadap Perilaku Personal Hygiene Anak Prasekolah di TK ABA Karangtengah Nogotirto

Main Author: Fatmawati, Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/60/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/60/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Metode bercerita kontemporer dipandang efektif untuk mendidik perilaku personal hygiene bagi anak prasekolah yang sedang mengalami perkembangan memori visual deklaratif. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode bercerita kontemporer terhadap perilaku personal hygiene anak prasekolah di TK ABA Karangtengah Nogotirto. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-postest. Responden penelitian terdiri dari 25 anak prasekolah dan diambil dengan menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner dengan teknik uji wilcoxon match pair. Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode bercerita kontemporer terhadap perilaku personal hygiene anak prasekolah di TK ABA Karangtengah Nogotirto. Analisis wilcoxon match pair menunjukkan pada taraf signifikansi diperoleh ( . Simpulan : (1) Sebelum mendapatkan pendidikan kesehatan dengan metode bercerita kontemporer sebagian besar anak prasekolah memiliki perilaku personal hygiene sedang, (2) Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan dengan metode bercerita kontemporer sebagian besar anak prasekolah memiliki perilaku personal hygiene tinggi, (3) Ada pengaruh signifikan pendidikan kesehatan dengan metode bercerita kontemporer terhadap perilaku personal hygiene anak prasekolah di TK ABA Karangtengah Nogotirto. Saran : Pihak sekolah disarankan untuk memberikan pendidikan kesehatan yang lebih lanjut terkait kesehatan gigi dan mulut.