Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Masa Nifas (Askeb III) Mahasiswa D.III Kebidanan STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2015

Main Author: Farwati, Ida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/537/1/Naskah%20Publikasi%20ida.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/537/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar belakang : Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, motivasi yang baik dan memadai dapat mendorong mahasiswa menjadi lebih aktif dalam belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dari 172 mahasiswa hanya hanya 18,6% mahasiswa yang memperoleh nilai A dan masih cukup banyak mahasiswa yang memperoleh nilai C dan D. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Masa Nifas (Askeb III) Mahasiswa D.III Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2015. Metode Penelitian : Desain penelitian ini adalahsurvey analitikdengan pendekatan waktu cross sectional. Tekhnik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel 64responden. Analisis data menggunakan analisis korelasi Kendall Tau. Hasi Penelitian : Motivasi belajar baik sebanyak 37 mahasiswa (57,8%), sedangkan prestasi belajar yang baik sebanyak 39 mahasiswa (60,9%). Ditunjukkan dengan hasil analisis uji Kendall Taudiperoleh nilai P value dengan taraf signifikansi (0,000) <a ( 0,05). Simpulan : Terdapathubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah asuhan kebidanan masa nifas (Askeb III) mahasiswa D.III Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Saran : Kepada mahasiswa agar dapat lebih meningkatkan dan memelihara motivasi belajarnya sehingga dapat memberikan dorongan untuk terus meningkatkan prestasi belajaar yang diraih.