Hubungan Mutu Asuhan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Aisyiyah Ponorogo

Main Author: Sudarmi, Sudarmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/475/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/475/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • INTISARI Latar belakang: Mutu asuhan keperawatan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan, bahkan menjadi salah satu faktor penentu citra instansi pelayanan kesehatan (Rumah Sakit). Keperawatan sering disebut sebagai ujung tombak dari pelayanan yang ada di rumah sakit, sebagai pelaksana asuhan keperawatan, perawat selama 24 jam memberi perawatan kepada pasien, sehingga perawat memegang peranan yang cukup dominan dalam rangka memberikan kepuasan kepada pelanggan atau pasien. A Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara mutu asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah Ponorogo. Metode penelitian : Menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalampenelitianiniadalah semua pasien yang dirawat di kelas III Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah Ponorogo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sejumlah 40 responden. Pengambilan data penelitian dengan kuesioner. Teknik untuk menguji hipotesis dengan analisis korelasi Product Moment dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian : Menunjukkan bahwa mutu asuhan keperawatan yang diberikan Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah Ponorogo dalam katagori baik (60%), dan kepuasan pasien yang di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah Ponorogo termasuk dalam katagori puas (65%). Simpulan : Ada hubungan yang signifikan antara mutu asuhan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah Ponorogo. Saran : Diharapkan Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah Ponorogo memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan kualitas mutu asuhan keperawatan terhadap tingkat kepuasan pasien. Kata kunci : Mutu asuhan keperawatan, Kepuasan pasien Kepustakaan : 23 buku (2003-2013), 2 tesis, 2 skripsi Jumlah halaman : xiv, 64 halaman, 25 tabel, 2 gambar, 13 lampiran.