Pengaruh Bermain Terapeutik (Puzzle) terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Menjalani Hospitalisasi di RSU PKU Muhammadiyah Bantul

Main Author: Anggerda, Norma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/398/1/NASKAH%20PUBLIKASI%20ANGGER%20FULL.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/398/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • INTISARI Latar belakang: Kecemasan pada anak prasekolah merupakan salah satu dampak buruk hospitalisasi. Untuk mengatasi kecemasan pada anak prasekolah tersebut, bermain terapeutik puzzle dapat digunakan. Tujuan penelitian: Mengetahui pengaruh bermain terapeutik puzzle terhadap tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah di bangsal Ar Rahman RSU PKU Muhammadiyah Bantul pada tahun 2014. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi Exsperiment) dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah 30 anak yang diambil menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2014 menggunakan kuesioner dan alat permainan puzzle. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian: Ada pengaruh bermain terapeutik puzzle terhadap tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi di RSU PKU Muhammadiyah Bantul (t = 11,463 ; p < 0,001). Saran: Disarankan pada perawat untuk menggunakan bermain terapeutik puzzle untuk menurunkan tingkat kecemasan anak Kata kunci : Bermain Terapeutik Puzzle, Tingkat Kecemasan, Anak Prasekolah Kepustakaan : 16 buku (2000-2012), 14 hasil penelitian, a website Jumlah halaman : xiv, 88 halaman, 9 tabel, 3 gambar