Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Harga Diri Siswa di SMAN 1 Kretek Bantul

Main Author: Haryanti, Dina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/285/1/Naskah%20Publikasi.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/285/
http://lib.say.ac.id
Daftar Isi:
  • INTISARI Latar Belakang: Remaja merupakan kelompok usia yang menjadi perhatian banyak orang. Pencarian identitas merupakan bagian terpenting pada fase remaja. Pola asuh orang tua sangat penting dalam pembentukan harga diri remaja. Tujuan Penelitian: Diketahuinya hubungan pola asuh orang tua dengan harga diri siswa di SMAN 1 Kretek Bantul. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental dengan rancangan cross sectional. Responden adalah siswa SMAN 1 Kretek Bantul dengan jumlah sampel 163 yang diambil menggunakan stratified random sampling dengan analisis data Chi Square. Hasil: Pola asuh orang tua mayoritas dalam kategori demokratis (75,5%). Harga diri siswa dalam kategori sedang (63,2%). Hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi (p) antara pola asuh orang tua dengan harga diri siswa yaitu 0,000 (< 0,05) dengan koefisien korelasi 0,290. Simpulan dan Saran: Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan harga diri siswa di SMAN 1 Kretek Bantul. Orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter dan permisif sebaiknya menerapkan komunikasi terbuka terhadap anak-anaknya, karena orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan harga diri remaja. Kata kunci Kepustakaan Halaman : Harga diri, Remaja, Pola asuh orang tua : 24 buku (2003-2013), 1 website, 8 jurnal : xiii, 59 halaman, 6 tabel, 2 skema, 11 lampiran