HUBUNGAN PENGETAHUAN SEVEN JUMPS DENGAN PENERAPAN PROSES PEMBELAJARAN TUTORIAL PADA MAHASISWA DIV KEBIDANAN TAHUN KEDUA DI UNIVERSITAS AISYIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2017

Main Author: Izzati, Galuh Noerul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/2413/1/GALUH%20NOERUL%20IZZATI%20%28%20201510104447%20%29%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/2413/
http://lib.unisayogya.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Saat ini, perguruan tinggi dituntut untuk meluluskan mahasiswa dengan standarisasi tertentu. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa inovasi untuk dapat memenuhi standarisasi yang sudah ditetapkan. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan berorientasi kompetensi pada proses pembelajaran tutorial. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pengetahuan seven jumps dengan penerapan proses pembelajaran tutorial pada mahasiswa DIV Kebidanan tahun kedua di Universitas Aisyiyah Yogyakarta 2017. Metode Penelitian: Desain ini menggunkan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Data diperolah dengan menggunakan kuisioner. Jumlah 132 responden didapatkan dengan menggunakan teknik total sampling. Analisis data menggunakan kendall tau. Hasil: Hasil uji statistic menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan seven jumps dengan penerapan proses pembelajaran tutorial. Hasil yang diperoleh menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,181 * dan p= 0,037 artinya p < 0,05. Simpulan dan Saran: Hubungan antara pengetahuan seven jumps dengan penerapan proses pembelajaran tutorial memiliki hubungan. Pengetahuan yang baik dapat mempengaruhi proses jalannya pemebelajaran tutorial yang benar dan tepat. Diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan memahami langkah-langkah dalam metode seven jumps sebelum proses pembelajaran tutorial berlangsung di Universitas Aisyiyah Yogyakrta.