PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI AUDIOVISUAL TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH MLANGI GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Main Author: Suryaningseh, Wulan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/2278/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/2278/
http://lib.unisayogya.ac.id
Daftar Isi:
  • Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui audiovisual terhadap perilaku bullying pada anak usia sekolah di SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta. Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan rancangan non equivalent control group. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 68 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu 35 orang sebagai kelompok eksperimen dan 33 orang sebagai kelompok kontrol. Intrumen pada peneletian ini menggunakan kuesioner tentang perilaku bullying. Hasil uji validitas instrumen perilaku bullying dalam rentang 0,408-0,772 dengan reliabilitas 0,865. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling. Analisis data menggunakan wilcoxon dan mann whitney yang menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan melalui audiovisual mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku bullying pada anak usia sekolah (p=0,01; p<0,05). Penelitian ini menyarankan agar siswa bahwa siswa harus memanggil teman dengan nama yang baik. Bagi sekolah disarankan untuk menambahkan pendidikan kesehatan melalui audiovisual pada mata pelajaran bimbingan dan konsling (BK) agar perilaku bullying dapat menurun. Kata Kunci: Anak usia sekolah, audiovisual, pendidikan kesehatan, perilaku bullying.