HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMAMPUAN PERAWATAN DIRI PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Main Author: VERAWATI, MELISA KIKI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/2152/1/NASKAH%20PUBLIKASI%20%28MELISA%20KIKI%20VERAWATI%20201210201041%29.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/2152/
http://lib.unisayogya.ac.id
Daftar Isi:
  • INTISARI Latar Belakang: Tunagrahita adalah kelainan yang meliputi fungsi intelektual dibawah rata-rata dan memiliki IQ 84 kebawah. Anak tunargahita dalam kehidupan sehari-hari masih memerlukan bantuan dari orang terdekat, karena mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti perawatan diri masih kurang. Tujuan: Mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kemampuan perawatan diri pada anak retardasi mental di SLB N 1 Bantul. Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi dengan pendekatan waktu cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 orang tua dan siswa di SLB N 1 Bantul. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji korelasi kendall tau (r). Hasil Penelitian: Ada hubungan antara dukungan keluarga dan kemampuan perawatan diri pada anak retardasi mental di SLB N 1 Bantul. Hasil penelitian diperoleh nilai (p) sebesar 0,003dengan nilai kendall tau (r) = -0,315. Simpulan: Ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dan kemampuan perawatan diri pada anak retardasi mental di SLB N 1 Bantul. Saran: Bagi orang tuayang memiliki anak tunagrahita di SLB N 1 Bantul diharapkan dapat lebih ditingkatkan dalam memberikan bimbingan mengenai perawatan diri.