HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH MLANGI GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Main Author: Megawati, Megawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/2150/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/2150/
http://lib.unisayogya.ac.id
Daftar Isi:
  • INTISARI Latar Belakang: Bullying adalah perilaku agresif seseorang atau sekelompok orang secara berulang-ulang yang menyalahgunakan ketidakseimbangan kekuatan dengan tujuan menyakiti korbannya secara mental atau fisik. Perilaku bullying berdampak buruk pada fisik maupun psikologis korban. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan Pola Komunikasi Keluarga dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah di SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analisis korelasi dengan pendekatan waktu cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta dengan kriteria berusia 9-12 tahun yang berjumlah 127 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji Korelasi Kendall Tau. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pola komunikasi keluarga dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah di SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta dengan tingkat keeratan rendah yang ditunjukkan dari nilai p (value) = 0,000 (<0,05) dengan tingkat keeratan hubungan kedua variabel ditunjukkan pada nilai koefisien korelasi = -0,383. Kesimpulan: Ada hubungan pola komunikasi keluarga dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah di SD Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta. Saran: Diharapkan guru dan orang tua untuk lebih cerdas dalam mencegah bertambah banyaknya kejadian bullying dengan menerapkan pola komunikasi yang baik dan benar serta peraturan yang ketat tentang bullying di sekolah.