PENGARUH PENYULUHAN TENTANG STIMULASI TOILET TRAINING TERHADAP PERILAKU DALAM TOILET TRAINING PADA IBU YANG MEMPUNYAI ANAK TODDLER DI DUSUN PUNDUNG NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN
Main Author: | SINTAWATI, Mandasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.unisayogya.ac.id/2145/1/NASPUB%20MANDASARI%20SINTAWATI%20%28201210201112%29.pdf http://opac.unisayogya.ac.id/2145/ http://lib.unisayogya.ac.id |
Daftar Isi:
- INTISARI Latar Belakang: Perilaku ibu dalam toilet training mempengaruhi tingkat keberhasilan anak dalam toileting. Salah satu upaya untuk meningkatkan perilaku ibu dalam toilet training dengan dilakukan pemberian penyuluhan stimulasi toilet training. Tujuan Penelitian: Diketahuinya pengaruh penyuluhan stimulasi toilet training terhadap perilaku dalam toilet training pada ibu yang mempunyai anak toddler di Dusun Pundung Nogotirto Gamping Sleman. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan populasi berjumlah 97 ibu dan sampel 19 kelompok eksperimen dan 19 kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Man-whitney. Hasil Penelitian : Hasil uji Man-whitney bahwa ada pengaruh pemberian penyuluhan tentang stimulasi toilet training terhadap perilaku ibu yang mempunyai anak toddler dengan nilai p = 0,037 (p<0,05). Simpulan : Ada pengaruh penyuluhan tentang stimulasi toilet training terhadap perilaku dalam toilet training pada ibu yang mempunyai anak toddler. Saran : Bagi kader kesehatan khususnya posyandu balita diharapkan untuk memberikan penyuluhan toilet training agar perilaku ibu dalam melatih toilet training pada anaknya semakin baik.