Pengaruh Terapi Bermain Bercerita terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Anak Usia Pra Sekolah di TK Dewi Ratih Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta

Main Author: SOFIANA, CYNTIA ZANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://opac.unisayogya.ac.id/2043/1/naskah%20publikasi%20cyntia%20zana%20sofiana%20201110201078.pdf
http://opac.unisayogya.ac.id/2043/
http://lib.unisayogya.ac.id
Daftar Isi:
  • INTISARI Latar Belakang: Bercerita memiliki banyak manfaat bagi pekermbangan sosial, emosi dan kognitif anak. Permainan bercerita juga dikenal dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri anak. Tujuan: Mengetahui pengaruh terapi bermain bercerita terhadap tingkat kepercayan diri anak TK Dewi Ratih Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Metode: Metode penelitian pre eksperimen dengan rancangan one-group pretestposttest deisgn. Responden penelitian terdiri dari 16 anak TK Dewi Ratih Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta dan diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner dengan teknik uji paired t-test. Hasil:Sebelum mendapatkan terapi bermain bercerita, anak dengan kepercayaan diri yang kurang adalah sebanyak 56,3%; Setelah mendapatkan terapi bermain bercerita, anak dengan kepercayaan diri yang cukup adalah sebanyak 75%; Ada pengaruh signifikan terapi bermain bercerita terhadap tingkat kepercayan diri anak TK Dewi Ratih Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Analisis paired t-test menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi ?? = 0,05diperoleh nilai ?? = 0,002 sehingga ?? > 0,05. Simpulan:Ada pengaruh signifikan terapi bermain bercerita terhadap tingkat kepercayan diri anak TK Dewi Ratih Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Saran: TK Dewi Ratih Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta disarankan melakukan pemberian bercerita.